Langkah yang Benar dan Tepat Membuat Susu Bayi

Langkah yang Benar dan Tepat Membuat Susu Bayi

Ada beberapa kondisi yang menyebabkan Anda membutuhkan bantuan asupan gizi untuk bayi dengan susu formula. Paling tidak ketika telah berusia di atas 6 bulan, susu formula menjadi makanan pendamping ASI bagi bayi Anda. Hal ini membuat Anda harus memahami dengan baik cara membuat susu bayi yang benar mengingat kondisi pencernaannya yang masih rentan.

  1. Suhu yang Tepat

Suhu air terbaik untuk membuat susu bayi adalah 70 derajat celcius untuk menghindari bayi Anda dari risiko terkena kuman. Suhu air ini dibutuhkan tepat karena susu formula yang digunakan belum 100% steril mengingat proses pembuatannya yang bisa saja terkontaminasi. Lantas bukan dalam suhu 70 derajat celcius susu diminumkan ke bayi Anda yang bisa membuat mulutnya melepuh.

Setelah susu dihancurkan dengan air suhu 70 derajat celcius Anda bisa meletakkannya terlebih dahulu untuk menunggu suhunya menurun. Bisa juga dengan mencampurkannya dengan air dingin selama takarannya masih sesuai dengan ketentuan. Solusi tercepat untuk mendinginkan suhu air dengan merendam botol dalam air dingin.

Perlu Anda ketahui dalam membuat susu bayi jangan menggunakan air mineral yang sudah dipanaskan. Air dengan kandungan mineral tidak baik untuk dilarutkan dengan susu. Hal ini dikarenakan kandungan mineral yang ada di dalam air belum tentu dapat dicerna oleh pencernaan bayi Anda.

  1. Cara Melarutkan

Cara yang benar dalam melarutkan susu formula di dalam botol adalah dengan memasukkan airnya terlebih dahulu. Setelah air dimasukkan sesuai perkiraan takaran baru Anda masukkan susu formulanya ke dalam air. Cara ini akan membuat susu bubuk tersebut menjadi lebih mudah larut tanpa adanya gelombang udara yang membuat bayi Anda mengalami kembung.

Setelah susu dimasukkan cara mengocok susu agar larut secara merata dengan mengguncang ke kanan dan ke kiri. Kebiasaan mengocoknya dengan arah ke atas bawah tidak benar karena akan menghasilkan gelembung udara yang membuat perut bayi Anda menjadi kembung.

  1. Lama Susu Bertahan

Jika Anda akan melakukan perjalanan estimasikan waktu dengan pembuatan susu. Perlu diketahui bahwa susu formula yang dibuat hanya bisa diberikan pada bayi Anda dalam waktu dua jam setelah pembuatan agar susu tetap aman.

Diperkirakan juga bayi membutuhkan susu paling lama 1 jam untuk menghabiskan susunya. Jika bayi Anda terlalu lama menghabiskan susu malah melewati masa waktu pemberian susu setelah dibuat. Anda harus melakukan konsultasi ke dokter untuk mengetahui apa kah bayi Anda mengalami masalah pencernaan atau hanya tidak cocok dengan susu yang diberikan.

Anda harus cerdas dalam memilih susu untuk bayi. Perhatikan komposisi yang sesuai dengan kebutuhannya. Anda bisa mendapatkan susu berkualitas di toko perlengkapan bayi orami.com yang menyediakan potongan harga. Kabar gembiranya Anda bisa menikmatinya juga dengan berbelanja di JGOS 2018 untuk setiap pembelian sesuai ketentuan berlaku.