Light Gun : Game Console Gun Populer Zaman Dulu

Light Gun : Game Console Gun Populer Zaman Dulu

Sobat jempolbandarq.com, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang “Light Gun” : Game Console Gun yang sangat populer pada zaman dulu, terutama pada saat konsol game masih dipopulerkan oleh PlayStation.

Apa Itu Light Gun?

Light Gun atau bisa diartikan sebagai “Senapan Ringan” adalah perangkat kontrol untuk game bergenre arcade dalam permainan video game, biasanya perangkat ini berbentuk menyerupai pistol / senapan. Kadang Light Gun juga diidentikkan sebagai perangkat penunjuk untuk perangkat komputer.

Senjata Ringan yang berbasis layar modern pada konsol video game bekerja dengan mengimplementasikan sensor optik ke dalam senapan, yang menerima inputnya dari cahaya yang dipancarkan oleh target pada layar. Perangkat pertama dari jenis ini, “Light Pen”, digunakan pada komputer MIT Hurricane.

Light Gun dan Light Pen sekarang jarang digunakan sebagai perangkat penunjuk karena popularitas mouse dan perubahan dalam teknologi layar monitor. Apalagi Light Gun konvensional hanya bekerja pada layar dengan monitor CRT.

Sejarah awal Light Gun

Light Gun pertama muncul pada tahun 1930-an, mengikuti perkembangan tabung vakum penginderaan cahaya (TV CRT). Tidak lama setelah itu, mulai muncul game arcade shooting game, dimulai dengan Seeburg Ray-O-Lite pada tahun 1936. Permainan Light Gun awal ini, seperti tag laser modern, menggunakan target kecil (biasanya bergerak) ke mana cahaya mengarah. Pemain biasanya menggunakan pistol/ senapan yang memancarkan setitik cahaya ketika pelatuk ditarik. Jika sinar tersebut memantul pada target di layar CRT, maka biasanya target tersebut akan tertembak.

Permainan ini berevolusi selama beberapa dekade berikutnya, puncaknya terjadi pada Periscope Sega, game pertama yang berhasil dirilis pada tahun 1966, yang mengharuskan pemain untuk menembak kapal.

Periscope adalah permainan elektro mekanikal model awal, dan game bergenre arcade pertama yang harganya cukup mahal.

Berlanut pada Permainan Sega tahun 1969 yang bernama“Rudal”, yang dapat menampilkan suara elektronik dan strip film bergerak untuk mewakili target pada layar proyeksi. Lalu muncul game Killer Shark 1972 dengan peripheral berupa Light Gun yang dipasang untuk menembak target kartun yang bergerak di layar televisi.